Penjahat itu Pahlawan ??

Dahulu sewaktu kecil, kita sangat menyukai pahlawan. Mulai dari power ranger, satria baja hitam, batman, superman, para avenger, dan tidak lupa karakter pahlawan dalam negeri seperti gundala, gatot kaca, saras, dan banyak lagi lainnya.

Pahlawan-pahlawan ini memiliki motto membela kebenaran, menegakkan keadilan. Selalu berjuang menumpas kejahatan demi kedamaian di muka bumi.
Avenger - pahlawan universe

Gundala si putra petir - pahlawan Indonesia


Namun, seiring berjalannya waktu hingga kita dewasa. Kita mulai memahami mereka, memahami tujuan mereka yang mungkin sama dan berangkat dari latar belakang yang sama. Mungkin caranya saja berSeperti sosok joker yang bangkit dari rasa sakit lalu menjadi penjahat akibat kejahatan lainnya yg tak terlihat, tindakan bullying dan merendahkan harga diri. Atau juga thanos yang mengumpulkan 5 stones infinity untuk memusnahkan 50% penduduk dunia, karena sumber daya tak mencukupi memenuhi keserahan manusia (makhluk hidup).

Thanos dan Joker - penjahat ??

Entahlah, apakah pendapatku ini benar atau tidak sama sekali.

Jika meninjau konsep Yin-yang, disana  menegaskan pernyataan saya bahwa di dalam sebuah kebaikan akan terdapat setitik kejahatan. Begitu pula pada circle kejahatan, akan ada setitik kebaikan di dalam hati setiap manusia.

Orang jahat terlahir dari orang tersakiti ?
Tidak juga. Bahkan orang yang tersakiti akan menghasilka produk manusia yang lebih tabah  sabar, dan kuat.

Sekarang bagaimana cara kita memandang semuanya ? Bisakah memisahkan hal positif dan meninggalkan segala hal yg negatif atau membuangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT CINTA UNTUK MAHASISWA

PITUAH MANDEH

Dan Karena Kau (Perempuan) Kami Ada